Laman

Dasar Jaringan 2

0   komentar


Pada pos kali ini akan melanjutkan dari pos sebelumnya yakni Dasar Jaringan 1. Dimana dalam postingan kali ini akan membahas kompinen dan cakupan jaringan.
Untuk lebih jelasnya akan di jabarkan sebagai berikut :
1. Komponen Jaringan
Komponen Jaringan meupakan suatu komponen dasar yang membangun sebuah network. Terdapat beberapa komponen diantaranya : 
  • Router
Router adalah suatu alat yang memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router-router  yang saling  terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang dilalui paket IP dari system ke system lain. Proses routing dilakukan secara hop by hop. IP tidak mengetahui jalur keseluruhan menuju tujuan setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan.
  
Fungsi dari router adalah :
  • Membaca alamat logika / ip address source & destination untuk menentukan routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.
  • Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik antara LAN ke WAN.
  • Perangkat di layer 3 OSI Layer.
  • Bisa berupa “box” atau sebuah  OS yang menjalankan sebuah daemon routing.
  • Interfaces Ethernet, Serial, ISDN BRI.

  • Hub
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI. Hub digunakan sebagai transmisi pengambilan data dari komputer client.
  • Kabel
Dalam suatu jaringan, terdapat beberapa kabel yang digunakan. Beberapa jenis tersebut adalah RJ45, Serial DCM, Serial DTE, Coaxial, Console dan lain - lain
Penggunaan kabel tersebut tergantung pada perangkat apa yang digunakan.
Untuk lebih jelas mengenai kabel dan pengkabelan maka akan di buat postingan tersendiri mengenai hal ini.
  • Switch
 Switch merupakan suatu komponen yang dapat melakukan penjembatanan pada banyak jaringan ataupun komputer.
Switch juga  dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau penghala pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti jembatan (bridge), tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan multi-port bridge.
  • Sistem Operasi Jaringan
Sistem operasi jaringan adalah suatu sistem operasi jaringan yang ditujukan untuk menangani suatu jaringan. Di dalam sistem operasi jaringan terdapat banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.
Contoh sistem oprasi jaringan adalah Novell NetWare, Microsoft LAN Manager, Cisco IOS